Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Gubernur Beri Bantuan Bibit Durian Sebanyak Seribu Pohon

Jumat, 08 September 2023 | September 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-09T04:42:21Z


PorosSulteng-Sigi- Pemanfaatan lahan untuk tanaman durian menjadi program Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura.

Menyahuti program tersebut, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulawesi Tengah melakukan pembagian bantuan bibit tanaman durian jenis montong kani sebanyak 1000 (seribu) pohon kepada kelompok
tani/gapoktan, Belo Singgani, Desa Rezeki, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, pada Jum'at, 08 September 2023.

Hadir pada pembagian bibit tersebut, Kepala Desa Rezeki, penyuluh pertanian lapangan, pengurus kelompok petani dan anggota sasaran serta beberapa pejabat dari Dinas TPH Sulteng.

Kadis TPH Sulteng, Nelson Metubun mengatakan bibit ini merupakan program Bapak Gubernur, untuk mendorong peningkatan produktivitas varietas durian di Sulawesi Tengah.

Lanjut Nelson, harapan Gubernur Rusdy Mastura, kedepan Sulawesi Tengah menjadi daerah penghasil durian terbesar di Indonesia yang dapat memberikan efek dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan petani.

Saat melakukan dialog virtual dengan 28 Kepala Desa dari tiga Kabupaten yaitu Sigi, Donggala dan Parigi Moutong, Gubernur menyampaikan bahwa Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinvest), memintanya untuk menyiapkan lahan seluas 3000 Ha guna ditanami bibit durian.

"Saya diminta oleh Menkomarinvest untuk mencari dan menyiapkan lahan seluas 3000 Hektar, guna penanaman bibit durian. Ini artinya peluang bagi negeri ini menjadi pusat produksi perkebunan dari tanaman durian secara nasional", ucap Rusdy Mastura.

Saat ini durian asal Sulawesi Tengah sudah menembus pasar nasional dan pasar ekspor, terutama ke Tiongkok dengan durian jenis montong dan matahari.

"Baru satu persen saja rakyat Tiongkok yang makan durian, kita sudah setengah mati menyediakan stok. Bagaimana kalau lima persen yang makan ?", jelas Cudy, sapaan akrab Gubernur, dengan nada tanya.

Selain di Kabupaten Sigi, Dinas TPH Sulteng juga menyiapkan bibit durian sebanyak 1000 pohon, untuk dibagikan kepada masyarakat dan ditanam berbarengan pada saat pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit di Lembah Lore, pada bulan Oktober mendatang.

"Kami menyiapkan 5000 bibit durian yang akan dibagikan dan ditanam keseluruh wilayah Sulawesi Tengah berdasarkan pengajuan proposal dari masyarakat, khususnya para petani", pungkas Nelson.

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng/Abang 

Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kontak dibawah iniπŸ‘‡

Ahyain (082251271042)

Dapatkan informasi lainya di :

- Website : Sultengprov.go.id

- Instagram : Sultengg

- Facebook : Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah 

- Twitter : Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini