Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Buka Rakornis Pariwisata, Novalina : Kembangkan Potensi Wisata Sulawesi Tengah.

Kamis, 29 Februari 2024 | Februari 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-29T13:32:12Z


PorosSulteng
- Donggala - Gubernur Sulawesi Tengah melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Novalina membuka secara resmi Rakornis Program Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Tahun 2024. pada. Rabu,(28/2/24) bertempat di Pantai Boneoge Kura-Kura. 

Dalam sambutan Gubernur, Sekprov Novalina menyapaikan bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif adalah salah satu sektor yang harus dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian negeri dan daerah ini. Khususnya Sulawesi Tengah memiliki pemandangan alam yang indah, budaya yang unik dan aneka ragam potensi keunggulan, yang tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota.

Selain itu kata Novalina, Sulawesi Tengah juga memiliki keunggulan yang besar dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu sektor alam, budaya dan kuliner. 

"Keunggulan ini tidak dimiliki daerah lain, karena daerah kita memiliki beragam budaya yang unik dan estetik sehingga menambah keindahan wisata alam dan baharinya."ungkap Novalina dalam kesempatan itu.

Selanjutnya, Sekdaprov menjelaskan, potensi megalitikum di Lembah Besoa dan Bada dapat menambah daya tarik wisatawan. Kemudian, kunjungan Duta Besar negara Maroko dan Republik Ceko dalam rangka mengembangkan kerjasama dan investasi.

"Mereka sangat memuji dan mengagumi keindahan pantai di Kabupaten Donggala yang memiliki pasir putih yang indah dan natural daripada pantai-pantai lain di indonesia yang sudah pernah mereka kunjungi."ujarnya.

Lanjut sekprov, Sulawesi Tengah masuk dalam nominasi 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023, penghargaan terbaik kategori suvenir dan rekor muri tenun terbaik.

Disamping itu, kegiatan promosi dari pemasaran pariwisata perlu terus digiatkan dan ditingkatkan baik secara digital maupun melalui penyelenggaraan event-event daerah. Yang masuk dalam kharisma event nusantara (ken) yaitu ; Festival Tumbe di Kabupaten Banggai Laut, Festival Danau Poso (FDP) di Tentena Kabupaten Poso, Festival Teluk Tomini di Kabupaten Parigi Moutong.

Diakhir sambutannya, Sekdaprov berharap dalam pegembangannya, sebaiknya dibangun dengan sinergis dengan memperhatikan aspek-aspek seperti ; fasilitasi wisata, fasilitas umum aksesibiltas, sarana dan prasarana berbasis pemberdayaan masyarakat berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menghapus kemiskinan dan mengatasi pengangguran.

"Peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah, sesuai dengan visi dan misi Gerak Cepat menuju Sulteng Lebih Sejahtera dan Lebih Maju”. Tutupnya.

Turut hadir ;  Pj. Bupati Kabupaten Donggala  Moh. Rifani Pakamundi, Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng, Peserta Rakornis Kabupaten/Kota, serta Stakeholder terkait.



Sumber : PPID Pelaksana Biro Administrasi Pimpinan dan dipublis oleh PPID Utama/Dinas Kominfo Santik Provinsi Sulteng.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini