Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Guna Melestarikan Keanekaragaman Budaya, Wabup Furqanuddin Buka Secara Resmi Festival Ogoh-Ogoh dan Festival Budaya

Jumat, 03 Mei 2024 | Mei 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-05T03:36:29Z


 PorosSulteng-BANGGAI - Wakil Bupati Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili membuka secara resmi acara Festival Ogoh-Ogoh dan Festival Budaya dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946, bertempat di Lapangan Desa Tirtasari, Kecamatan Toili, pada Jumat (3/5/2024).

Festival ini menampilkan ragam kesenian dan budaya Bali, termasuk pertunjukan ogoh-ogoh yang merupakan simbol perburuan roh jahat. Ogoh-ogoh, patung raksasa yang dibuat dari bahan-bahan tradisional, menjadi daya tarik utama dalam acara ini. Selain itu, berbagai kegiatan seni dan budaya lainnya juga turut memeriahkan suasana perayaan.

Dalam sambutannya, Wabup Furqanuddin menyampaikan perayaan hari raya nyepi memiliki makna yang sangat penting bagi umat hindu.

"Karena dalam momen nyepi itulah, umat hindu menjalankan catur beratha penyepian sebagai bagian dari upaya pembersihan diri, bhuwana alit dan juga alam semesta atau bhuwana agung," ujar Wabup Furqanuddin.

Lanjutnya, dengan menjalankan catur beratha penyepian, umat hindu menyambut tahun baru caka dengan semangat yang baru dengan jiwa yang damai, yang lebih harmonis sesuai dengan nilai-nilai tri hita karana.

"Olehnya itu, sangat diharapkan kepada masyarakat yang ada di Kecamatan Toili dan Toili Jaya agar dapat memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ini," tutur Wabup Furqanuddin.

Karena, lanjut Wabup Banggai, apabila pelaksanaan kegiatan ini dikemas dengan baik dan mendapat dukungan serta perhatian oleh seluruh lapisan masyarakat didaerah ini, maka akan memberikan dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Banggai Pertanda acara Festival Ogoh-Ogoh Dan Festival Budaya secara resmi dibuka dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis klaim BPJS Ketenagakerjaan oleh Wakil Bupati kepada nasabah yang meninggal. 

Kehadiran Wakil Bupati dalam acara ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan, tetapi juga sebagai wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Banggai dalam mempromosikan dan melestarikan keanekaragaman budaya yang ada di masyarakat.

Tim Liputan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banggai.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini