Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Babinsa Kinapasan Koramil 1305-04/Dondo Bantu Petani Bersihkan Gulma Tanaman Padi

Jumat, 25 Agustus 2023 | Agustus 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-06T16:47:53Z


PorosSulteng-Tolitoli- Babinsa Kinapasan wilayah Koramil 1305-04/Dondo Kopda Ardi Baharuddin melaksanakan pendampingan Hanpangan dilahan seluas 1 Ha, milik Bapak Ason, warga Desa Kinapasan, Kecamatan Basidondo, Kabupaten Tolitoli, Sabtu (26/08/2023).

Pendampingan hanpangan menurut Kopda Ardi Baharuddin yakni dengan membersihkan rumput liar yang berada di antara tanam padi milik bapak Ason.

"Pembersihan rumput liar yang dilakukan untuk menjaga pertumbuhan tanaman padi agar tetap subur dan jumlah produksi bisa meningkat," ungkap Kopda Ardi Baharuddin.

Ia.menambahkan, Pengendalian gulma juga dimaksudkan untuk menekan pertumbuhan gulma sampai batas toleransi yang dapat merugikan secara ekonomis, disamping itu untuk menciptakan suatu kondisi lingkungan yang optimal bagi pertumbuhan tanaman padi.

Sementara itu hal yang sama juga di sampaikan Plh. Danramil 1305-04/Dondo Peltu Irwan l, pembersihan ini untuk menekan terjadinya kompetisi dalam menyerap unsur hara sehingga tanaman padi akan tumbuh subur dan optimal baik pada vegetative maupun fase generative.

"Metode pengendalian gulma yang dilakukan Babinsa bersama petani biasanya digunakan secara kimiawi dengan menggunakan herbisida. Jenis herisida yang digunakan bersifat sistemik sehingga dapat diserap dan ditranslokasikan ke seluruh bagian atau jaringan gulma," jelasnya.

Lanjut ia menambahkan Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau kita membiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, jelas kerugian akan kita dapatkan termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

"Pengendalian gulma pada padi sawah, umumnya sudah dilakukan oleh para petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida," tuturnya.

"Dengan adanya babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan para petani akan lebih bersemangat dalam mengolah lahan pertaniannya sehingga memperoleh hasil yang maksimal, dan menjadikan wilayah Kodim 1305/BT sebagai wilayah Swasembada pangan," pungkasnya.erwin

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini