Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

BRIDA Prov. Sulteng Beri Pelatihan Tata Cara Perbanyakan Kelapa Genjah Raja Di Desa Binangga.

Senin, 19 Februari 2024 | Februari 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-19T12:26:23Z


PorosSulteng
- Sigi - Dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada kelompok tani, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Sulawesi Tengah melalui Bidang SDM Dan Infrastruktur Riset Daerah gelar Pelatihan Tata Cara Perbanyakan Kelapa Genjah Varietas Raja Di Desa Binangga Kecamatan Marawola Kabupaten Sigi. Senin (19/02/2024).

Pelatihan tersebut diisi oleh narasumber yang berasal dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) perwakilan Sulawesi Tengah, I Ketut Suwitra, dan juga dihadiri oleh Kepala BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, Kepala Bidang SDM Dan Infrastruktur Riset Daerah, Syamsuddin beserta jajaran, perwakilan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kab. Sigi, beserta kelompok tani sekalu peserta.

Mengawali sambutannya, Kepala BRIDA Provinsi Sulawesi Tengah, Faridah Lamarauna, menyampaikan bahwa Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah sentra tanaman kelapa di Indonesia. Penyebarannya meliputi kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Morowali, parigi Moutong, Poso, Sigi, Tojo Una-una, Toli-toli dan juga Palu. Berdasarkan statistik, luas area kelapa pada tahun 2016 di Sulawesi Tengah adalah 215.450 hektar. Dengan produksi 184.486,51 ton. Hal pertama yang dilakukan untuk meremajakan tanaman kelapa adalah persiapan bibit bermutu melalui kegiatan pembibitan secara intensif.

"Dengan demikian, perlu dilakukan pelatihan tata cara perbanyakan bibit kelapa unggul genjah raja bersertifikat dan memiliki produktivitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan kelapa di Sulteng" ungkap Faridah Lamarauna.

Selanjutnya, Faridah Lamarauna, juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kelompok tani agar mengetahui tata cara perbanyakan benih kelapa genjah varietas raja yang memiliki produksi tinggi. Adapun hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pelatihan ini yaitu diadopsinya tata cara perbanyakan kelapa genjah varietas raja oleh kelompok tani yang nantinya disalurkan juga kepada pengguna teknologi di Desa Binangga Kec. Marawola Kab. Sigi. 

Dengan adanya pelatihan ini, Faridah Lamarauna mengharapkan adanya peningkatan sumber daya manusia dalam perbanyakan tata cara penanaman kelapa genjah varietas raja di Kabupaten Sigi, dan Provinsi Sulawesi Tengah pada umumnya.


Sumber: PPID BRIDA Prov. Sulteng.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini