Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Sinergitas Polsek Liang & Koramil Liang, Pemerintah Kecamatan Bersama Masyarakat Perbaiki Jalan Rusak Di Bangkep.

Rabu, 31 Januari 2024 | Januari 31, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-31T14:53:35Z


PorosSulteng
- Banggai Kepulauan - Sebagai bentuk pengabdian dan bakti kepada negeri, daerah dan masyarakat di kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah, anggota Polsek Liang & Koramil Liang, Pemerintah Kecamatan Peling Tengah bersama masyarakat bersinergi bekerja sama bahu membahu melaksanakan kegiatan berupa perbaikan jalan Trans Peling yang rusak dan berlubang, hal tersebut nampak terlihat pada Selasa (30 / 1 / 2024)

Kapolres Bangkep AKBP JIMMY MARTHIN SIMANJUNTAK, S.I.K melalui Kapolsek Liang IPTU MUH. RUHIL NEWTON SUGIARTO, S.H menyampaikan kepada awak media bahwa menyikapi banyaknya jalan trans Peling Kabupaten Banggai Kepulauan yang rusak dan berlubang di wilayah hukum Polsek Liang, maka pihaknya langsung berkomunikasi dan bekerja sama dengan Koramil Liang, Pemerintah Kecamatan Peling Tengah dan Karangtaruna Desa Patukuki untuk melaksanakan kerja bakti guna melakukan perbaikan jalan trans peling yang saat ini sebagian dalam kondisi rusak parah dan berlubang. Setelah disepakati waktu pengerjaan perbaikan jalan maka disusunlah rencana dan pelaksanaan kegiatan perbaikan jalan dengan titik pusat pengerjaan terletak di lokasi jalan tanjakan Batu Togong Desa Patukuki Kec. Peling Tengah Kab. Banggai Kepulauan.

Jalan di lokasi tersebut memang telah rusak parah dan berlubang cukup dalam, kondisi tersebut telah terjadi hampir setahun ini, hal tersebut juga di perparah lagi posisi jalanya menanjak atau menurun serta berkelok sehingga dibutuhkan tenaga dan akselerasi kendaraan serta keahlian yang ekstra untuk berkendara agar bisa melewati jalan tersebut, selain itu saluran drainase juga telah tertimbun oleh material batu dan tanah sehingga aliran air hujan langsung mengalir deras mengenai badan jalan juga membantu mengikis serta merusak bahu dan badan jalan. Akibatnya dalam sebulan saja telah terjadi sebanyak lima puluh tujuh (57) kali kecelakaan di jalan tersebut yang umumnya didominasi kendaraan roda dua yang pengendaranya merupakan wanita dengan korban mengalami luka ringan serta kerusakan pada kendaraan, selain itu telah beberapa kali terjadi kendaraan truk yang mogok serta terbalik di lokasi tersebut akibat tidak kuat menanjak dan cengkraman ban pada jalan tidak ada sehingga menimbulkan kemacetan dan kerugian pada masyarakat, kata Kapolsek yang merupakan lokal boy tersebut.

Bahwa titik lokasi perbaikan jalan merupakan satu-satunya jalan sentral yang menjadi urat nadi penghubung mobilitas manusia dan barang dari enam (6) kecamatan yakni Peling Tengah, Bulagi, Bulagi Utara, Bulagi Selatan, Buko dan Buko Selatan menuju kota Salakan pusat ibu kota Kabupaten Banggai Kepulauan begitupun sebaliknya, selain itu jalur tersebut merupakan akses jalan menuju beberapa destinasi wisata yang telah mendunia kebanggaan dari kabupaten Banggai Kepulauan, ujar Kapolsek yang masa kecilnya dibesarkan di Desa Patukuki tersebut.

Kapolsek menambahkan bahwa bahan material yang digunakan untuk perbaikan jalan merupakan swadaya dari personil Polsek Liang, Sekcam, para Donatur, masyarakat dan pengguna jalan lainya dengan atas dasar kerelaan, sukarela sebagai wujud kecintaan kepada daerah ini. Adapun hasil dari kegiatan perbaikan jalan tersebut yakni perbaikan dan penambalan jalan yang rusak dan berlubang lebih kurang 70 meter dan beberapa titik jalan yang berlubang dengan menggunakan coran semen serta menimbun bahu jalan yang berlubang agar dapat dilewati kendaraan, selanjutnya di rencanakan untuk minggu depan kami akan laksanakan perbaikan jalan kembali dan juga kami menyampaikan kepada masyarakat apabila ada kegiatan kerja bakti dan kegiatan lainya agar kami Personil Polsek Liang juga di libatkan dan kami pastikan akan selalu memback up sepenuhnya setiap kegiatan masyarakat yang positif dan bermanfaat bagi orang banyak, ucap Kapolsek.

Sedangkan Danramil Liang Lettu Inf. Desmon Popatoon mengatakan bahwa dalam perbaikan jalan rusak tersebut melibatkan seluruh anggota Polsek Liang, Koramil Liang, Sekcam Peling Tengah, Karangtaruna dan Masyarakat Desa Patukuki yang bersinergi bekerja sama bahu membahu melaksanakan kegiatan kerja bakti berupa perbaikan jalan Trans Peling yang rusak dan berlubang secara sukarela tanpa pamrih. Kegiatan kerja bakti perbaikan jalan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat dimana bertujuan agar jalan trans peling yang saat ini banyak mengalami kerusakan dapat secara bertahap diperbaiki dan dilewati guna memperlancar arus transportasi dan mobilitas manusia dan barang serta untuk menekan angka terjadinya kecelakaan lalulintas akibat kondisi jalan yang rusak. 

Setali tiga uang dengan Sekretaris Camat Peling Tengah yakni Firmansah L. Sahal, S.STP.,M.A.P mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari aparat TNI-POLRI yang berkerja sama dengan masyarakat dan tentunya kegiatan ini dapat juga untuk memotivasi masyarakat dan desa-desa lainya untuk melaksanakan kegiatan yang serupa sambil menunggu perbaikan yang menyeluruh dari Pemerintah Daerah, tidak ada salahnya kita sedikit membantu melakukan perbaikan yang sebisa kita dan sesuai kemampuan kita untuk daerah yang kita cintai ini, tutup Sekcam yang merupakan putra daerah tersebut.

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini