Notification

×

Poros

Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Sport

iklan-admindesku

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Hot Isue

Tag Terpopuler

Polsek Liang Menerima Kunjungan Tim Asistensi Dari Direktorat Bimas Polda Sulteng

Jumat, 03 Mei 2024 | Mei 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-05T03:37:29Z


 PorosSulteng-Bangkep- Bertepatan dengan May Day, Polsek Liang Polres Banggai Kepulauan Polda Sulawesi Tengah kedatangan Tim Asistensi dari Direktorat Bimas Polda Sulteng (1/4/2024).

 Kapolres Bangkep AKBP JIMMY MARTHIN SIMANJUNTAK, S.I.K melalui Kapolsek Liang IPTU MUH. RUHIL NEWTON SUGIARTO, S.H menyampaikan kepada awak media bahwa, pada hari Rabu bertepatan dengan May Day 2024, Polsek Liang menerima kunjungan Tim Asistensi dari Direktorat Bimas Polda Sulteng, dengan ketua Tim yakni Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Sulteng Kompol Mat Sukri S.Sos, dimana yang menjadi sasaranya adalah anggota Bhabinkamtibmas Polsek Liang.

 Pada kesempatan tersebut, Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Sulteng memberikan support, arahan dan petunjuk kepada Kapolsek Liang bersama anggota Bhabinkamtibmas, terkait pelaksanaan tupoksi dan SOP menjadi seorang anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar. Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak anggota Polri dilapangan yang selalu hadir di tengah-tengah lingkungan masyarakat. Bhabinkamtibmas juga harus mengetahui potensi yang bersifat positif maupun negatif, atau kerawanan yang dapat mempengaruhi kondusifitas Kamtibmas di wilayah tugasnya.

 "Terkait pelaporan pertanggungjawaban penggunaan dana Bhabinkamtibmas, juga harus sesuai dengan juknis dan juklak dengan mengacu pada RAB DIPA dalam setiap bulan berjalan. Selain itu, para Bhabinkamtibmas juga dalam mendokumentasikan kegiatan dan pelaksanaan tugasnya harus dengan baik, dengan memperhatikan cara pengambilan gambar, pencahayaan serta sudut pengambilan gambar, sehingga dalam melaporkan kegiatanya hasilnya juga menjadi lebih baik tidak terkesan asal-asalan atau asal jadi. Juga terkait penggunaan Sosmed dan penggunaan Media, dalam mentransmisikan setiap kegiatan maupun keberhasilan dalam penanganan kasus maupun pelaksanaan tugas, juga harus sesuai dengan kaidah dan petunjuk yang ada dalam Polri, sehingga Polisi semakin dipercaya dan di cintai oleh masyarakat," ujar Pemen Polri dengan pangkat melati satu dipundaknya tersebut.

 Sedangkan, pada pertemuan dalam pelaksanaan Asistensi tersebut, Kapolsek Liang IPTU MUH. RUHIL NEWTON SUGIARTO, S.H menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Tim Asistensi Direktorat Binmas Polda Sulteng yang telah datang berkunjung dan bersilaturahmi sekaligus memberikan support, arahan dan petunjuk sehingga kami dapat terus mengelola Kamtibmas yang kondusif dengan bantuan para anggota Bhabinkamtibmas. Perlu kami sampaikan bahwa, Polsek Liang merupakan Polsek Harkamtibmas, dimana yang menjadi ujung tombak dalam setiap pelaksanaan tugas di tengah-tengah masyarakat adalah setiap anggota yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas, dan tentunya dengan adanya para Bhabinkamtibmas, kami sebagai Kapolsek Liang sangat terbantu dalam pengelolaan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif. 

 Para Bhabinkamtibmas juga mengemban fungsi Intelijen maupun Reskrim, dalam memonitor setiap potensi kerawanan maupun dalam penyelesaian kasus, dengan mengedepankan kegiatan Problem Solving dan Restorasi Justice. Kami juga terus melakukan evaluasi dan pembinaan, serta penilaian kepada seluruh anggota Bhabinkamtibmas agar dalam melaksanakan tugasnya dapat terlaksana dengan baik dan lancar, juga memberikan Reward serta Punishman.

 Beberapa program kegiatan unggulan Bhabinkamtibmas Polsek Liang, yang merupakan inovasi dan juga pertama di jajaran Polres Bangkep yakni diantaranya, Program SERBU Sekolah (Sambang Efektif Bina Ukhuwah Sekolah) dilaksanakan sebulan sekali, dimana para Bhabinkamtibmas akan menjadi Irup disetiap sekolah, mulai dari tingkatan TK, SD, SMP dan SMA sederajat. Saat menjadi Irup tersebut, para Bhabinkamtibmas menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas juga beberapa materi penyuluhan seperti Anti Narkoba, Bullying, Kenakalan Remaja dan lain-lain serta memotivasi para siswa agar lebih giat belajar guna menggapai cita-citanya, juga harus tetap menghormati para guru dan orang tua. 

 Selain itu juga, ada Program Polisi Mengajar, dimana dalam setiap Bulan berjalan para Bhabinkamtibmas juga akan menjadi guru di sekolah-sekolah. Kemudian juga, ada Program Bhabin Peduli, program ini digagas dalam setiap bulan sebanyak dua kali, dimana para Bhabinkamtibmas akan mengumpulkan Sembako setelah sehabis Apel pagi dan kemudian pada setiap bulanya akan di salurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, hal ini tentunya meningkatkan jumlah kegiatan Bakti Sosial kepada masyarakat di luar penggunaan dana Sarkon yang telah ada. Sehingga, pelaksanaan Baksos dapat dilaksanakan lebih banyak lagi dari pada para Bhabinkamtibmas di Polsek lainya.  

 "Tentunya, dengan pelaksanaan beberapa program tersebut ditambah dengan kegiatan ataupun pelaksanakan tupoksi para Bhabinkamtibmas, tentunya masyarakat semakin percaya dan mencintai Polri juga akan berimbas pada pengelolaan Kamtibmas yang akan tetap kondusif," tutup Kapolsek Liang.*

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini